RSS

70 kumpulan ajaran sesat di Indonesia

16 Mar

Pada minggu lalu, berita di bawah telah disiarkan di akhbar tempatan. Berita ini sedikit sebanyak memberi gambaran tentang bahayanya dan seriusnya permasalahan ajaran sesat yang wujud pada waktu ini.

Dan sudah pastinya, ajaran sesat NII KW9 yang berpusat di Maahad al-Zaytun,Indramayu wajib dihapuskan dari muka bumi.

JAKARTA – Sekurang-kurangnya terdapat 70 kumpulan ajaran sesat termasuk kumpulan radikal yang menyeleweng daripada ajaran agama Islam telah dikenal pasti masih bergiat cergas di Indonesia.

Menurut kenyataan Pengarah Undang-undang dan Syariah, Kementerian Hal Ehwal Agama Indonesia,  70 kumpulan ajaran sesat termasuk Barisan Pembela Islam (FPI).

”FPI adalah satu daripada kumpulan yang menyeleweng daripada ajaran Islam sebenar,” katanya.

Turut dikenal pasti sebagai “bermasalah” ialah Kumpulan Islam Katolojo, Darma Bandul, Islam Kejawen, Muhammad Nabirasulillah dan Amadiyah. Namun demikian, pihak kementerian tidak dapat mengawal kumpulan terbabit kerana  kebanyakannya wujud sebelum merdeka dan sebarang cubaan mengharamkan boleh membawa rusuhan.

Menurut Rohadi lagi, kementerian menaruh keyakinan kepada undang-undang bagi menghalang penghinaan terhadap agama, kerana  “Undang-undang itu akan menghalang orang ramai mewujudkan agama baru di negara ini. Negara akan hancur jika agama baru diwujudkan.”

Sebelum itu, penduduk Madura resah dengan kemunculan ajaran sesat “Siti Hajar” yang mendakwa boleh memindahkan orang yang disiksa di neraka ke syurga dan tidak mewajibkan ibadat haji.

Pengasas ajaran sesat itu ialah seorang wanita berumur 35 tahun bernama Sumaiyah, berasal dari Desa Anggun turut meminta setiap pengikutnya supaya berpuasa sepanjang hayat dan melakukan zikir secara berkumpulan dalam keadaan bergelap.

Walau bagaimanapun, Sumaiyah pernah dipanggil oleh pihak Majelis Ulama Indonesia untuk berdialog, tetapi tidak ada tangkapan telah dibuat. Sumaiyah hanya menjelaskan bahawa sumber utama ajarannya adalah diperoleh dari satu mimpi.

Sumaiyah kini berada dalam pengawasan pihak MUI bagi menyedarkan bahawa ajaran yang dibawanya adalah sesat dan tidak berdasarkan nash dan dalil.  Indonesia hanya mengiktiraf Ahli Sunnah Wal Jamaah sebagai menurut landasan Islam sebenar.

About these ads
 
9 Comments

Posted by on 16/03/2010 in 6. Cut & Paste, Modus Operandi

 

9 responses to “70 kumpulan ajaran sesat di Indonesia

  1. bahtiar

    17/03/2010 at 3:25 pm

    semoga makin banyak yang tersadar akan kesesatan nii kw 9 al zaytun

    salam,
    bahtiar
    mantan nii kw 9
    hp. +62 8132 8484 289
    emil. bahtiar@gmail.com
    web. http://niikw9.wordpress.com

     
  2. bahtiar

    01/06/2010 at 5:13 pm

    Nama saya randy,.saya salah satu mahasiswa S2 di jakarta.”awalnya saya bersinggungan dengan Negara Islam Indonesia (NII) secara tidak sengaja diajak teman sewaktu masih sma dulu,teman saya ingin mengajak bertemu untuk minta di temani dalam berbelanja,ketika itu saya menyanggupi ajakan teman saya itu sebut saja namanya sari, kemudian setelah bertemu kita saling ngobrol,maklumlah teman lama waktu sma saling bertanya kabar lagi sibuk apa skrang,apa aktifitasnya sekarang,dan lain-lain..suatu ketika teman saya yg bernama sari bercerita dia kemaren bertemu dengan teman lamanya sewaktu masih sd yang bernama tika, pertemuan antara tika dan sari berlangsung selama satu hari,maklumlah kata sari teman saya itu dia banyak cerita panjang lebar kuliah dmana,kerja apa,sibuk apa dan lain-lain yang akhirnya suatu ketika teman saya yg bernama sari diajak oleh tika untuk main kerumahnya di daerah depok,kemudian setelah datang kerumah tika,teman saya yang bernama sari itu banyak mendapat cerita-cerita baru yang menarik seperti cerita-cerita mengenai sejarah,perkembangan teknologi yang membuat menarik dari cerita yg dijelaskan oleh tika,semua cerita tersebut di kaitkan dengan kitab suci al-qur’an sungguh menarik untuk disimak oleh teman saya yg bernama sari tersebut..
    Awalnya saya tidak mengenal sama sekali yang bernama tika tersebut, saya dikenalkan oleh sari teman saya waktu sma dulu di sebuah pusat perbelanjaan..”akhirnya saya bertemu dengan tika yang saling berdiskusi berbagai macam masalah dengan diikuti oleh sari teman saya waktu sma dulu..
    Diskusi tersebut memang sedikit menarik,karena saya tipe orang yg suka berdiskusi mengenai perkembangan teknologi,ilmu pengetahuan mengingat saya seorang insinyur yang senang sekali dengan teknologi..berdiskusi tersebut diawali dengan mengaitkan perkembangan ilmu teknologi dengan kitab al-qur’an, seperti contoh penemuan lampu pijar yang ditemukan oleh thomas alpha edhison ternyata sudah ada tertulis di dalam al-qur’an..Hal ini lah yg membuat saya tertarik ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang alqur’an yang berhubungan dengan teknologi..”
    Diskusi tersebut berlangsung panjang lebar, materi yang disampaikan oleh tika dengan pendekatan menggunakan kitab al-qur’an, awalnya saya mengira diskusi ini yang berlangsung hanya seputar ilmu pengetahuan,tapi akhirnya saya dan sari diajak oleh tika bercerita mengenai sejarah tentang kemajuan islam dalam dunia ilmu pengetahuan seperti sejarah ilmuwan2 islam seperti algoritma,ibnu sina, yang pernah ada dalam dunia pengetahuan..
    Cerita tersebut cukup menarik karena kami bertiga saling memberi tanya jawab.”singkat kata cerita tersebut beralih mengenai perkembangan islam pada zaman rosullah saw yang terjadi ketika rosullah hijrah dari mekah ke madinah,yang berada di dalam go’a..cerita tersebut beralih dengan mengilustrasikan indonesia seperti zaman yang ada pada rosullah yakni zaman jahiliyah,banyak terjadi pembunuhan,pemerkosaan,dan perampokan di indonesia mengapa hal ini terjadi.?????
    kata tika bertanya pada saya dan sari..”karena di indonesia ini tidak menggunakan hukum islam,oleh sebab itu kita mesti melakukan perubahan dengan cara hijrah yakni berpindah dari hukum yg berada di indonesia menjadi hukum islam..”selanjutnya saya dan sari di ajak untuk pergi hijrah oleh tika,..awalnya saya tertarik untuk mengikuti,tetapi ada beberapa hal yang membuat saya untuk berpikir lagi karena tika ketika itu mengajak hijrah meminta shodakoh/infak,saya berpikir buat apa uang tersebut.???
    Pertemuan untuk hari ini selesai dulu dilanjutkan besok,karena saya mencoba untuk memikirkan buat apa infak/shodakoh tersebut.”??
    suatu ketika saya di sms lagi oleh teman saya yg bernama sari untuk bertemu tika..”akhirnya saya berniat baik untuk mengikuti memberikan infak 500rbu ajakan tika..”ketika itu saya dan sari dibawa kesuatu tempat dengan mobil sambil mata tertutup,awalnya saya sempat ragu mau ada apa ini.??setalah itu saya, sari, tika, dan salah satu temannya wanita yg membawa mobil tersebut sampai di suatu rumah.di daerah depok,persisnya saya tidak mengetahui dimana alamat rumah tersebut karena dibawa dengan mata tertutup..”di dalam rumah tersebut saya bertemu dengan abi panggilannya,dia bertanya pada saya tujuan apa datang kesini..”disinilah terjadi proses doktrinisasi dengan ayat2 alqur’an, karena saya sudah kepalang tanggung yach saya ikuti saya penjelasan yg disampaikan oleh abi tersebut..”esok harinya saya diharuskan untuk berangkat ke jakarta untuk melakukah proses MH=musahadatul hijrah.”sambil membawa infak lagi,saya bertanya dalam hati buat apa infak tersebut.???akhirnya saya ikuti saja dulu sejauh mana proses itu,sampai melalui hijrah dan proses pembaiatan.”disinilah saya menemukan keganjalan yakni pada ayat-ayat alqur’an terjemahan bahasa indonesia yang berarti agama di ganti menjadi negara..”kok bisa.???dalam hati saya,karena kalau saya lihat terjemahan teks nya yang ada di alqur’an itu berbeda apa yg disampaikan oleh pembaiat tersebut…
    dan satu hal lagi yang membuat saya ragu ketika mau hijrah,yakni dalam masalah mengumpulkan infak dengan cara memberikan informasi bohong ke orang tua seperti merusak laptop teman, menghilangkan handphone teman agar orang tua memberikan uang untuk infak hijrah..”disinilah timbul tanda tanya besar,walaupun alasan dari mereka yg mengatakan digunakan untuk pengembangan pondok pesantren di alzaytun..Kok seperti itu kata saya dalam hati,mengumpulkan dananya ???nabi saja di beri gelar al-amin /orang yang dapat dipercaya kok malahan ngajarin bagaimana cara berbohong..”disinilah saya mulai berpikir kritis untuk tidak mengikuti lagi kegiatan2 mereka setelah hijrah..

     
    • Islam itu benar

      23/12/2012 at 1:43 pm

      kejadian ente sama ama ane sekitar 2003 waktu itu lg nyusun skripsi …kasusnya ga jauh beda trus lokasi jg kalo saya di depok beiji….tuh yg doktrin ngakunya anak ipb….

       
    • A.Fattah

      17/11/2013 at 12:55 am

      kejadian tersebut mirip dengan saya di tahun 2005,,awalnya saya pernah berkenalan dengan salah satu dri mereka,,,mereka ber’posko’ di sebuah rumah kontrakan yg isi penghuninya adalah pedagang aksesoris wanita,,(alhamdulillah,,saya masih di lindungi dri doktrin2 Sesatnya,,)saya menyimak sekali apa yg di sampaikan,,sudah menjadi kebiasaan saya,jika setiap saya belajar/membahas ilmu/mendengarkan ceramah,,saya selalu berdoa meminta perlindungan dariNYA semoga apa yg kita dapatkan,tidak mnjadikan kita ikut Sesat,,,maka itu setelah saya simak apa yg mereka sampaikan, saya langsung menolak keras ajakan mereka,karena emang Sesat,,,,contoh : saya sudah memiliki istri tapi harus ditinggalkan(diperintah menceraikannya) astagfirullaaahh…ini Sesat ! dan wajib bersedekah utk hijrah,,,(sedekah kok Wajib…?? Stress nih orang,,dia pikir gw bodoh kali yaak,,?? maaf…ini luapan emosi saya dalam hati ),Baitullah Ka’bah di Mekkah udah bukan kiblatnya umat muslim,,,,dan saya sempat beradu argument dengan mereka ttg maksud mereka ini apa,,(anda mau menyesatkan saya dengan doktrin ‘kacangan ‘ seperti inii ??,,spontah saya maki2 orang2 yg ada di ruangan tersebut),,seingat saya ada 4 orang,,2 orang disamping saya,,1 wanita ,,1 laki laki,,dan 1 org laki laki yg menyampaikan “Ilmu Sulap” nya,,dan yg 1 laki laki lagi hanya duduk di depan teras kontrakan,,maaf,,emg sudah mnjdi sifat saya, yg orgnya rada ‘Saklek’ klo kata teman2 saya,,hehehe,,,akhirnya semua nya adil saya maki2,,dan untungnya mereka ga ada yg sewot,,mungkin jika ada yg balas ‘nyanyian’ saya,,,saya jamin,,itu tempat mereka udh seperti layaknya kapal jatuh,,,hahahaaha,, itulah pengalaman saya yg mirip sekali dgn anda,,semoga dgn berbagi ini,,kita dpt saling mengingatkan sesama saudara se iman se akidah agar tidak dgn mudahnya terjerumus ke lembah kesesatan,,saya cuma mau kasih sepenggal kalimat buat kita semua,,,” JAGALAH BAIK BAIK TAUHID KITA KAWAN,,,INILAH PONDASI KUAT IMAN ISLAM KITA” lindungi kami Yaa RABB dri musuh yg nyata diantara kami,,amiinn yaa Rabb,,,trims yaa broo,,,

      (mantan penghibur jalanan)

       
  3. Ramona

    10/06/2010 at 12:08 pm

    Untunglah mas bahtiar segera nyadar y..

    ramonesblog
    d(^_^)b

     
  4. Balak Nem

    18/02/2011 at 8:45 am

    pls visit my blog

     
  5. manusia hina

    28/03/2011 at 11:13 pm

    saya orang kampung yang berada di kalsel tepatnya kalimantan selatan….(jalan trans kalimantan km 18.disini baru belajarnya ajaran baru yang saya anggap salah.sebab bertentangan dengan ajaran yang dibawa oleh nabi muhammad saw.tak usah kemesjid kalau hati belum bersih(peleburan diri)tak usah sembahyang(pembersihan diri).dan menunggu perintah guru untuk melakukan sembahyang,kita kan diperintah kan oleh tuhan bukan guru(menurut saya) dan yang parahnya lagi merekrot anggota baru.memang masih sedikit anggotanya sekitar 8 orang tapi itu meresahkan masyarat dekitar.saya bertanya kepada anda sekalian apakah akan muncul wali wali berikut tapi meresahkan masyarakat dan adakah islam melarang umatnya untuk kemesjid

     
  6. cecep

    18/09/2011 at 5:12 pm

    semoga ajaran yang sudah disesatkan oleh manusia dan para pengikutnya yang imannya lemah dibukakan pintu hatinya sama Allah SWT.amin….

     
  7. mohjae

    27/06/2013 at 1:14 pm

    Apa sih maunya orang”, mudah percaya sama ajaran Kesesatan

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 153 other followers

%d bloggers like this: